VISI DAN MISI

VISI:

“Menjadi SMK unggul menghasilkan tamatan yang berdaya saing di era global serta berwawasan lingkungan  berlandaskan IMTAQ dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”

MISI:

1.   Menciptakan lingkungan belajar yang BERSINAR (Bersih, Sehat, Indah, Nyaman, Asri dan Religius

2.   Mengimplementasikan Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

3.   Mengembangkan prilaku disiplin dan nilai - nilai kebangsaan.

4.   Mengembangkan kepedulian dalam melestarikan lingkungan.

5.   Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengintegrasikan lingkungan hidup.

6.   Menyelenggarakan kegiatan pendampingan keagamaan dalam rangka peningkatan ketaqwaan.

7.   Menyelenggarakan pembiasaan beribadah sesuai agama masing-masing.

 8.    Menyelenggarakan pembelajaran dengan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi.

  9.  Mengembangkan kurikulum, metodologi pembelajaran dan sistem penilaian berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri global.

10.     Menyelenggarakan sertifikasi kompetensi bagi siswa.

11.  Meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi profesional, sertifikasi kompetensi, kreatif, inovatif, berkarakter dan berbudaya.

12.     Meningkatkan fasilitas dan lingkungan belajar yang aman, nyaman, memenuhi standar nasional pendidikan, standar kerja industri secara kualitas dan kuantitas.

13.     Menerapkan dan mengembangkan pendidikan yang ramah lingkungan, ramah anak dan responsif gender dalam suasana yang harmonis.

14.     Membangun kemitraan (link and match) dengan lembaga yang relevan dalam dan luar negeri.

15.     Mengembangkan sekolah unggulan berbasis literasi numerik, digital, finansial, sains, bahasa.

16.    Menyelenggarakan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler agar peserta didik memiliki multiskills yang mampu mengembangkan kecakapan hidup (life skills), berakhlak mulia, kreatif dan inovatif.

17.     Mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan bersama industri, dunia usaha dan pemangku kepentingan lain, agar sesuai tuntutan pasar kerja dan perkembangan IPTEK.

18.    Melaksanakan Proses pembelajaran dengan pendekatan Competency Based Training (CBT) dan Production Based Training (PBT) melalui Teaching Factory (TeFa) dan Kelas Industri untuk memberi peluang tamatan bekerja di industri atau berwirausaha.

19.     Mengembangkan dan memberdayakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan sehingga dapat menyajikan dan melayani proses pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan.

20.  Mengembangkan Sarana dan Prasarana yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu, ramah lingkungan, serta mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan.

21.     Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan industri, dunia usaha, perguruan tinggi vokasi dan pemangku kepentingan terkait untuk pengembangan kurikulum, pendidik, tenaga kependidikan, prakerind, magang dan bekerja.

22.  Mengadopsi dan/atau menerapkan standar nasional terkait (SPMI, Akreditasi, LSP, BLUD) untuk meningkatkan mutu layanan.


TUJUAN SEKOLAH

  1. Mengembangkan organisasi sekolah yang tersistem untuk menjadi lembaga diklat yang bermutu dan profesional serta selalu me-ngupayakan peningkatan kualitas SDM dan etos kerja sesuai perkembangan IPTEK.
  2. Menyiapkan tamatan yang memiliki iman dan taqwa, berkepribadian unggul dan mampu mengembangkan diri dengan penyelenggaraan diklat bertaraf nasional.
  3. Menghasilkan tamatan yang kompeten, profesional dan mampu mandiri untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  4. Menjadi salah satu sumber informasi IPTEK bagi industri-industri lokal, khususnya industri kecil dan menengah.
  5. Mengembangkan kemitraan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi pasangan dan masyarakat dalam bisnis dan unit produksi.
  6. Memberdayakan ICT (Information Communication and Tecnology) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  7. Meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industry (demand driven)
  8. Meningkatkan mutu sumber daya manusia baik secara kompetensi maupun kualifikasi
  9. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan

10. Meningkatkan kegiatan-kegiatan sekolah dalam mendukung keunggulan budaya lokal menuju global secara nasional maupun internasional

11. Mewujudkan pengelolaan sekolah secara terbuka dan partisipatif

12. Mewujudkan akuntabilitas sekolah yang sesuai dengan tata kelola sekolah yang baik (good governance)


Kebijakan Mutu:

-      Selalu meninjau dan memperbaiki sistem manajamen mutu pada seluruh tingkatan organisasi.

-      Selalu meningkatkan proses pendidikan dan pelatihan yang bermutu.

-      Selalu meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

 

PRINSIP:

 

SESUATU SKILL YANG KITA BISA DAN MAMPU SEDANGKAN ORANG LAIN TIDAK BISA /TIDAK MAMPU, MAKA AKAN MAHAL HARGANYA.