NEWS UPDATE :  

RENCANA KERJA 2021

RENCANA  KERJA JANGKA MENENGAH ( 4 TAHUN )

PERIODE 2018/2019 s.d 2021/2022

 

 A. Visi   : “ Menjadi SMK Bertaraf  Internasional, Unggul, Cerdas, Berkarakter 

               dengan Berlandaskan Gotong Royong dan Berwawasan Lingkungan

 

B. Visi  :  1. Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan cerdas spritual,   emosional,  kinestetis dan  intelektual

          2. Mewujudkan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan

         3. Menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah (MBS)

              4. Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa dan  berdedikasi tinggi sesuai dengan  perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK).

            5. Mempersiapkan tenaga kerja terampil siap pakai, berkuwalitas dan berkompetensi, mandiri dan profesional dibidang keahliannya.

           6.  Memiliki etos kerja yang tinggi, jujur dan berguna bagi masyarakat dan bangsa.

           7. Menjalin kerjasama dengan DUDI, Pergurua Tinggi, Instansi terkait untu mewujudkan   pengembangan pendidik, tenaga kependidikan, kurikulum implementasi, prakerin, dan pemasaran tamatan

           8. Mengembangkan sarana prasarana yang memadai untk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas, ramah lingkungan, serta mengendalikan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

C. Analisis kondisi sekolah 4 tahun kedepan:

1.   Pemenuhan standar nasional pendidikan minimal 100 %

2.   Membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup diluar komunitasnya.

3.   Membekali guru dengan sarana dan keterampilan memanfaatkan TI

4.   Menerapkan manajemen berstandar internasional (ISO)

 

D. Identifikasi tantangan nyata 4 tahun kedepan dengan kondisi nyata saat ini.

Analisis tantangan nyata berdasarkan pada aspek pemenuhan standar nasional pendidikan.

 

No.

Kondisi saat ini

Kondisi yang diharapkan

( empat tahun ke depan )

 

Tantangan

1

Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran

Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran

 

 

Kurikulum telah 85 %  memenuhi ketentuan BSNP

Kurikulum 100 %  memenuhi keten- tuan BSNP

15 %

 

Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri pribadi peserta didik  baru 50 %  peserta didik  mendapat pelayanan bimbingan dan konseling

Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri pribadi peserta didik  semua peserta didik  (100 %) mendapat pelayanan bimbingan dan konseling

 

 

50 %

 

 

Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri pribadi peserta didik. melalui kegiatan:

1.  Seni

2.  Voly ball

3.  Basket

4.  Badminton

5.  Rohis

 

Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri pribadi peserta didik. melalui kegiatan:

1.  Sanggar seni

2.  Volly ball

3.  Basket

4.  Badminton

5.  Mapala

6.  Silat

7.  Rohis

 

 

 

 28,5 %

 

70 % Silabus mata pelajaran sudah sesuai/relevan dengan standar

100  % Silabus mata pelajaran sesuai/relevan dengan standar

30 %

 

60 % RPP telah dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

Semua RPP telah dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

40 %

 

70 % sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat

Semua sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat

30 %

 

50 % pembelajaran  telah dilaksana kan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik

 Pembelajaran  dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik

50 %

 

20% Supervisi  pembelajaran belum dilaksanakan bedasarkan perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut

Supervisi  pembelajaran  dilaksanakan bedasarkan perencanaan, pelaksanaan, dan program tindak lanjut

80 %

 

Rata-rata KKM =   75  

Rata-rata KKM =  85  

10

 

Nilai rata-rata hasil UN 2017/2018 adalah:

1.           Bhs. Indonesia   = 55,0

2.           Matematika        =  42,0                 

3.           Bhs. Inggris        = 43,0

4.           Produktif            = 62,5

Nilai rata-rata hasil US adalah :

1.          Pendd. Agama Islam = 74,0

2.          PKn                          = 74,0

3.          IPS                           = 72,0

4.          Penjas Orkes            = 74,0

5.          Seni Budaya             = 74,0

6.          Keterampilan/TIK    = 71,0

7.          Muatan Lokal            =

Nilai Rata-rata hasil UN 2020/2021 adalah:

1.          Bhs. Indonesia   = 7,00

2.          Matematika        = 65,0

3.          Bhs. Inggris        = 65,0

4.          Produktif            = 75,0

Nilai rata-rata hasil US adalah :

1.  Pendd. Agama Islam = 80,0

2.  PKn                          = 80,0

3.  IPS                           = 80,0

4.  Penjas Orkes            = 80,0

5.  Seni Budaya             = 80,0

6.  Keterampilan/TIK     = 78,0

7. Muatan Lokal           =

 

 

2,00

 

Sekolah baru  memiliki 1 Prestasi non akademik di tingkat Provinsi :

1.           Lomba mata pelajaran

2.           O2SN

3.           FL2SN

4.           Debat Bahasa

Prestasi non akademik sekolah  (3 jenis lomba kejuaraan tingkat Provinsi ) :

1.  Lomba mata pelajaran

2. O2SN

3. FL2SN

4. Debat Bahasa

2 kejuara-an

2.

Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan :

Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan :

 

 

Jumlah tenaga pendidik :

1. Pend. Agama Islam =  4  orang Non PNS

2. PKn   =  1  orang

3. Bhs. Indonesia  =   1  orang

4. Matematika      =  6   orang

5. IPA                   =   2  orang

6. IPS                    =  1   orang

7. Bhs. Inggris      =   7   orang

8. Penjas Orkes    =   2  orang

9. Seni Budaya     =   2  orang

10.  Keterampilan /TIK =  4 orang

11. Muatan Lokal     =  0   orang

Jumlah tenaga pendidik :

1. Pend. Agama Islam =  4  orang PNS

2. PKn   =  3  orang

3. Bhs. Indonesia =   3  orang

4. Matematika     =   6  orang

5. IPA                  =   2  orang

6. IPS                  =   1  orang

7. Bhs. Inggris     =    7  orang

8. Penjas Orkes    =  3   orang

9. Seni Budaya     =   2  orang

10.  Keterampilan /TIK = 9  org

11.  Muatan Lokal      = 2    orang

 

 

 

4 Org

 

2 org

2 org

 

 

 

 

1 org

 

5 org

2 org

 

Pendidik 100 %  telah memenuhi standar nasional pendidikan (S1)

Pendidik dan tenaga kependidikan 100% sudah memenuhi standar nasional pendidikan

0 %

 

Jumlah tenaga kependidika :

1. Pegawai tata usaha = 1    orang PNS

2.  Petugas pustaka      = 2     orang

3. Laboran                   = 0 orang

4. Penjaga sekolah       =  2  orang

5. petugas kebersihan  = 3  orang

6. Penjaga keamanan   = 2  orang

Jumlah tenaga kependidika :

1. Pegawai tata usaha =5   orang

2. Petugas pustaka = 4    orang

3. Laboran               =  5 orang   

4. Penjaga sekolah    = 3  orang

5.  Petugas kebersihan = 5 orang

6.  Penjaga keamanan  = 2  orang

 

4 org

 

2 org

5 org

1 org

2 org

 0

 

 

Kompetensi pendidik 70 % memenuhi standar

Kompetensi pendidik 100 % memenuhi standar

30 %

 

Kompetensi tenaga kependidikan 30 % memenuhi standar

Kompetensi tenaga kependidikan 100  % memenuhi standar

70 %

3.

Penguatan Pendidikan Karakter dan Kesiswaan:

Penguatan Pendidikan Karakter dan Kesiswaan:

 

A

Guru telah     menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.

Guru  telah  menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik

 

B

90 % Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)

100 % Guru telah  memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)

10 %

C

80 % Guru telah  menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan peserta didik

100 % Guru telah  menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan peserta didik

20 %

D

100 % Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik

100 % Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik

 

E

80 % Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

100 % Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

20 %

F

Sekolah  telah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata   pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam  bentuk buku laporan pendidikan

Sekolah  telah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata   pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam  bentuk buku laporan pendidikan

 

G

Sekolah telah  melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa

 

Sekolah telah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa

 

 

4.

Penguatan Tata Kelola dan Manajemen Sekolah :

Penguatan Tata Kelola dan Manajemen Sekolah :

 

 

 

a

Sekolah  belum  merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan

Sekolah telah  merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan

Dirumus kan ber- sama

 

 

b.

Pengelolaan sekolah  telah   menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Pengelolaan sekolah  telah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

pemenuhan

 

 

c.

Sekolah telah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan

Sekolah telah  merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan

 

Penegas-an

 

 

 

 

d.

Sekolah telah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan.

Sekolah telah   merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan.

 

 

 

e.

Sekolah telah     mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan

Sekolah telah  mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihakyang berkepentingan

 

 

 

f.

Rencana Kerja tahunan telah     dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah.

Rencana Kerja tahunan telah    dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah

 

 

 

 

g.

Sekolah  belum    melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar.

Sekolah telah   melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar.

 

 

h.

Sekolah telah     menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar

Sekolah telah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar

 

 

 

 

i.

Sekolah telah     mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan

Sekolah telah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan

 

 

j.

Sekolah telah  menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses.

Sekolah telah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses.

 

 

 

 

k.

Sekolah telah     meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.

Sekolah telah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan

 

 

 

l.

Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan telah     sesuai dengan standar nasional

Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan telah sesuai dengan standar nasional

 

 

m.

Warga sekolah telah     terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis

Warga sekolah telah    terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis

 

 

 

n.

Sekolah belum    melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan non akademis.

Sekolah telah  melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan non akademis

100 %

.

 

o.

Pengelolaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) telah terlaksana sesuai dengan aturan

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) telah terlaksana sesuai dengan aturan

 

0

 

 

 

p.

Pengelolaan kegiatan lainnya:

1.   Peringatan hari besar Islam (PHBI)

2.      Peringatan hari besar nasio nal (PHBN)

Peringatan hari besar Islam (PHBI) dan peringatan hari besar nasional (PHBN) terlaksana sesuai dengan jadwalnya

 

 

0

 

 

 

 

5.

Pemenuhan Sarana dan  Prasarana Pendidikan :

Pemenuhan Sarana dan  Prasarana Pendidikan :

 

 

Jumlah ruang belajar  belum sesuai dengan jumlah rombongan belajar

Jumlah ruang belajar 36 ruang 41 rombongan belajar

5 ruang

 

70 % sarana ruang belajar (mobiler) telah memenuhi standar

100 % sarana ruang belajar (mobiler)  memenuhi standar

30 %

 

60 % sarana ruang perpustakaan dan laboratorium IPA  telah memenuhi standar

100 % sarana ruang perpustakaan dan laboratorium IPA  telah memenuhi standar

40 %

 

Sekolah telah  memenuhi standar  terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar

Sekolah telah memenuhi standar  terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar

100 %

 

Sekolah  belum memenuhi standar  terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

Sekolah telah memenuhi standar  terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

 

 

Pemenuhan

 

Pemeliharaan bangunan Sekolah belum dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

Pemeliharaan bangunan Sekolah telah dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

 

 

Bangunan  belum mudah diakses, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk  penyandang cacat

Bangunan telah mudah diakses, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk  penyandang cacat

 

 

1

6.

Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Kerja Sama dan Kemitraan :

Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Kerja Sama dan Kemitraan :

 

 

 

 

a.

Anggaran sekolah dirumuskan belum sepenuhnya      merujuk kepada peraturan pemerintah, pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota

Anggaran sekolah dirumuskan telah merujuk kepada peraturan pemerintah, pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota

 

 

 

b.

Perumusan RAPBS/RKAS telah     melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.

Perumusan RAPBS/RKAS telah    melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.

 

 

 

d.

Penyusunan keuangan sekolah telah     dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel

Penyusunan keuangan sekolah telah   dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel

 

 

 

e.

Sekolah telah     membuat pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku   kepentingan

Sekolah telah   membuat pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku   kepentingan

 

 

Sekolah   belum    memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatif sendiri

Sekolah telah    memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatif sendiri

 

 

f.

 Sekolah telah     membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat

Sekolah telah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat

 

g.

Sekolah telah     memelihara hubungan dengan alumni

Sekolah telah  memelihara hubungan dengan alumni

 

 

 

h.

Sekolah telah     melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.

Sekolah telah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus

 

 

 

i.

Sekolah telah     melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu dibidang ekonomi

Sekolah telah  melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu dibidang ekonomi

 

 

E. Tujuan Sekolah dalam 4 tahun

1. Memenuhi 100% standar nasional pendidikan

2. Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan standar kompetensil lulusan (SKL)

3. Menghasilkan tamatan/lulusan yang mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

4. Menghasilkan pengelolalaan pendidikan dengan manajemen berbasis sekolah

5.  Menghasilkan        tamatan/lulusan yang mampu membuka lapangan kerja atau bekerja pada Dunia Usaha/Dunia Industri ( DUDI ) sesuai kompetensi keahliannya masing-masing.

6. Mempunyai  jiwa kewirausahaan dan mandiri.


Tujuan  : Memenuhi Standar Nasional Pendidikan/Program Sekolah

 

No

KOMPONEN

KEGIATAN

URAIAN KEGIATAN

TARGET TAHUN  TP 2018 S/D 2022

2018 /

2019

2019 /

2020

2020 /

2021

2021 /

2022

1.

 

 

 

 

Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran

Penyempurnaan dokumen kurikulum

1. Penetapan beban belajar untuk setiap mata palajaran

2. Menyusun kurikulum muatan lokal

3. Pengembangan program pendidikan kecakapan hidup

4. Pengembangan kurikulum berwawasan lokal dan global

1 naskah

 

1 naskah

 

 

1 naskah

 

 

1 naskah

 

1 naskah

 

1 naskah

 

 

1 naskah

 

 

1 naskah

 

1 naskah

 

1 naskah

 

 

1 naskah

 

 

1 naskah

1 naskah

 

1 naskah

 

 

1 naskah

 

 

1 naskah

 

Peningkatan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap peserta didik

1.   Menyusun program pelayanan BK

2.   Melaksanakan program pelayanan BK

3.   Melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan BK

1 naskah

 

V

 

 

1 naskah

1 naskah

 

V

 

 

1 naskah

1 naskah

 

V

 

 

1 naskah

1 naskah

 

V

 

 

1 naskah

Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler untuk pengembangan diri siswa

Menyusun dan melaksanakan program kegiatan ekstra kurikuler yang meliputi Kegiatan :

1. Olah raga

2. Seni

3. Pramuka

4. Rohis

5. LDDK

 

 

 

1 naskah

 

 

 

1 naskah

 

 

 

1 naskah

 

 

 

1 naskah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyempurnaan silabus dan RPP

1.   Melaksanakan lokakarya/IHT

2.   Melaksanakan MGMP sekolah

3.   Melaksanakan kegiatan pembimbingan /pendampingan

1 naskah  setiap mata pe lajaran

1 naskah  setiap mata pe lajaran

1 naskah  setiap mata pe lajaran

1 naskah  setiap mata pe lajaran

Melengkapi sumber belajar

1.   Menginventarisir ketersediaan sumber belajar

2.   Menyusun rencana penambahan sumber belajar

3.   Pengadaan tambahan sumber belajar

 

 

V

 

 

V

 

 

V

 

 

V

Pelaksanakan pembelajaran  dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik

1.   Melaksanakan lokakarya/ IHT

2.   Melaksanakan MGMP sekolah

3.   Melaksanakan kegiatan pembimbingan/pendampingan

4.   Melaksanakan supervisi kelas

5.   Melaksanakan tindak lanjut supervisi kelas

 

Semua guru mata pelajaran

 

Semua guru mata pelajaran

 

Semua guru mata pelajaran

 

Semua guru mata pelajaran

Pelaksanaan supervisi  pembelajaran yang   dilaksanakan bedasarkan perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut

1.   Menyusun program supervisi kelas

2.   Melaksanakan program supervisi kelas

3.   Melaksanakan pembinaan sebagai tindak lanjut supervisi kelas

1 naskah

 

Semua guru

1 naskah

 

Semua guru

1 naskah

 

Semua guru

 

1 naskah

 

Semua guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan rata-rata KKM

1. Melakukan analisis penetapan KKM

 

1 naskah/ mapel

1 naskah/ mapel

1 naskah/ mapel

1 naskah/ mapel

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan rata-rata nilai UN

1. Melakukan analisis SK/KD yang belum dikuasai siswa di kelas X, XI dan kelas XII

2. Maksanakan sosialisasi UN kepada orang tua/wali siswa

3. Melengkapi buku pelengkap/reperensi

4. Melaksanakan kegiatan TO

5.          Meningkatkan nilai rata-rata UN:

    a. Bhs. Indonesia  

b. Matematika       

c. Bahasa Inggeris                  

c. Produktif      

1 naskah/ mapel

1 kali

 

V

 

5 kali

 

 

55,0

55,0

55,0

70,0

1 naskah/ mapel

1 kali

 

V

 

5 kali

 

 

60,0

60,0

60,0

75,00

1 naskah/ mapel

1 kali

 

V

 

5 kali

 

 

65,0

65,0

65,0

75,50

1 naskah/ mapel

1 kali

 

V

 

5 kali

 

 

70,00

70,00

70,00

80,00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan rata-rata nilai US

1. Melakukan analisis SK/KD yang belum dikuasai siswa di kelas VII dan kelas VIII

2. Melengkapi buku pelengkap

3. Meningkatkan nilai rata-rata US :

a.    Pendd. Agama Islam

b.    PKn

c.    IPS 

d.    Penjas Orkes

e.    Seni Budaya

f.     Matematika

g.    Bahasa Inggeris

h.   Bahasa Indonesia

i.     Kewirausahaan

j.     KKPI

k.    IPA

l.     Fisika

m.  Kimia

1 naskah/ mapel

V

 

 

74

74

72

74

74

76

73

77

73

71

73

73

70

 

1 naskah/ mapel

V

 

 

80

80

75

80

80

78

75

80

75

75

75

75

75

 

1 naskah/ mapel

V

 

 

85

85

80

85

85

80

80

80

80

80

77

77

77

1 naskah/ mapel

V

 

 

87

87

85

90

90

82

82

85

85

85

85

80

80

Peningkatan prestasi non akademik yang meliputi:

1.   Lomba Keterampilan Siswa ( LKS )

2. O2SN

3. PL2SN

4. Debat Bahasa

 

 

 

 

 

 

1. Penunjukkan guru pembimbing

2. Melengkapi sarana kegiatan

3. Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan lomba di tingkat kabupaten/ Provinsi/ Nasional

 

 

1 terbaik

 

 

2  terbaik

 

 

2terbaik

 

 

2 terbaik

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Penambahan tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan setiap mata pelajaran

1. Mengusulkan kepada Pemda untuk penambahan guru mata pelajaran yang masih kurang

2. Mengusulkan kepada Pemda untuk memutasikan guru mata pelajaran yang berlebih

V

V

V

V

Penambahan tenaga kependidi kan sesuai dengan kebutuhan

Mengusulkan kepada Pemda untuk penambahan tenaga kependidikan (Pegawai TU, Pustakawan, Laboran)

 

V

 

V

 

V

 

V

Peningkatan kuwalifikasi ijazah tenaga pendidik

Memotivasi guru untuk kuliah agar memperoleh ijazah sesuai standar

 

V

 

V

 

V

 

V

Peningkatan kompetensi tenaga pendidik

1.   Melaksanakan lokakarya/IHT/pelatihan

2.   Melaksanakan MGMP sekolah

3.   Menugaskan guru untuk mengikuti MGMP Kabupaten, diklat

4.   Melaksanakan kegiatan pembimbingan/ pendampingan

5.   Melaksanakan supervisi kelas

6.   Melaksanakan tindak lanjut supervisi kelas

7.   Memotivasi guru untuk berupaya secara mandiri meningkatkan kompetensinya

V

 

V

 

V

 

 

V

 

 

V

 

V

 

V

V

 

V

 

V

 

 

V

 

 

V

 

V

 

V

V

 

V

 

V

 

 

V

 

 

V

 

V

 

V

V

 

V

 

V

 

 

V

 

 

V

 

V

 

V

 

 

Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan

1. Memberikan bimbingan/pelatihan kepada tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya

2. Memotivasi tenaga kependidikan untuk berupaya secara mandiri meningkatkan kompetensinya

V

 

 

 

 

V

V

 

 

 

 

V

V

 

 

 

 

V

V

 

 

 

 

V

 

 

Pemenuhan standar sarana (mobiler) ruang belajar

Mengusulkan kepada Pemda untuk penambahan/penggantian mobiler ruang belajar

 

20 %

 

20 %

 

20 %

 

20 %

 

 

Pemenuhan standar sarana perpustakaan dan Lab. IPA

Mengusulkan kepada Pemda untuk penambahan / penggantian sarana perpustakaan dan Labor IPA

 

20 %

 

20 %

 

20 %

 

20 %

 

3

 

Penguatan Pendidikan Karakter dan Kesiswaan:

Penyusunan perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik

1. Membuat tabel distribusi soal

2. Menyusun kisi-kisi soal dengan menerapkan berbagai teknik dan bentuk penilaian

3. Menulis soal baik untuk UH, UTS, maupun untuk ujian akhir semester (UAS)

V

V

 

 

V

V

V

 

 

V

V

V

 

 

V

V

V

 

 

V

 

 

Pemberian informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)

Memberikan penjelasan kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian dan KKM mata pelajaran

 

V

 

V

 

V

 

V

 

 

Penerapan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan peserta didik

1. Melaksanakan penilaian hasil bela jar yang meliputi UH, UTS, UAS, dan ujian kenaikan kelas (UKK)

2. Mengoreksi dan mengolah hasil penilaian

3. Melakukan analisis hasil penilaian ulangan harian (UH)

4. menyusun dan melaksanakan pem belajaran perbaikan (remedial teaching) dan pemb. pengayaan

5. Melaporkan hasil penilaian hasil belajar  kepada orang tua/wali siswa pada pertengahan semester dan akhir semester.

V

 

 

 

V

 

 

 

V

 

 

V

 

 

 

 

V

V

 

 

 

V

 

 

 

V

 

 

V

 

 

 

 

V

V

 

 

 

V

 

 

 

V

 

 

V

 

 

 

 

V

V

 

 

 

V

 

 

 

V

 

 

V

 

 

 

 

V

 

 

Pemberian masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik

Guru memberikan komentar dan masukan tentang penilaian hasil belajar kepada peserta didik

 

V

 

V

 

V

 

V

 

 

Menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajatan

 

V

 

V

 

V

 

V

 

 

Melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa

 

1.   Mensosialisasikan teknik dan bentuk penilaian kepada orang tua peserta didik

2.   Menuntut peran aktif orang tua peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar anak-anaknya.

V

 

 

V

V

 

 

V

V

 

 

V

V

 

 

V

4.

 

 

Penguatan Tata Kelola dan Manajemen Sekolah

Peningkatan pemahaman warga sekolah terhadap visi dan misi sekolah

Melakukan sosialisasi visi dan misi sekolah kepada warga sekolah termasuk orang tua/wali siswa/komite/alumni

 

V

 

V

 

V

 

V

 

 

Peningkatan  kemandirian, ke mitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas dalam pengelolaan sekolah.

1. Melakukan sosialisasi tentang MBS kepada warga sekolah termasuk orang tua/wali siswa/komite/ alumni dan stoke holder

 

V

 

V

 

V

 

V

 

 

.Perumusan rencana kerja jangka menengah (RKJM) dengan tujuan yang jelas.

1. Merumuskan RKJM dengan melibat kan berbagai komponen yang terkait

2. Merumuskan RKJM dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan mutu sekolah

3. Mensosialisasikan rencana kerja sekolah kepada pihak yang terkait

 

 

 

1 naskah

 

 

 

0

 

 

 

0

 

 

 

0

 

 

Penyusunan rencana kerja tahunan (RKT) sekolah

1. Penunjukan tim penyusun RKT sekolah

2. Menyusun RKT sekolah

3. Mensosialisasikan RKT sekolah kepada pihak terkait

1 tim

 

1 naskah

1 kali

1 tim

 

1 naskah

1 kali

1 tim

 

1 naskah

1 kali

1 tim

 

1 naskah

1 kali

 

 

 Melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar.

1. Melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) secara berkelanjutan

2. Melakukan analisis hasil EDS

3. menetapkan skala prioritas penyu sunan program sekolah sebagai tindak lanjut hasil EDS

4. Penyusunan program kerja sekolah

 

 

 

1 naskah

 

 

 

1 naskah

 

 

 

1 naskah

 

 

 

1 naskah

 

 

Pengelolaan system informasi

1. Pengadaan alat IT

2. Memberikan pelatihan pada operator IT dan warga sekolah

3. Mengelola informasi dengan berbasis IT

V

V

 

 

 

V

V

V

 

V

 

 

Peningkatan keefektifan kinerja pendidik  dan pengembangan profesi pendidik

1. Melakukan evaluasi diri guru (EDG)

2. Melakukan analisis dan pemetaan hasil EDG

3. Menyusun program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)

4. Melaksanakan PKB melalui kgiatan mandiri guru, MGMP, pembim bingan, diklat 

Semua guru (100%)

 

1 naskah

 

 

Semua guru

Semua guru (100%)

 

1 naskah

 

 

Semua guru

Semua guru (100%)

 

1 naskah

 

 

Semua guru

Semua guru (100%)

 

1 naskah

 

 

Semua guru

 

 

Peningkatan supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan

1. Menyusun program supervisi

2. Melaksanakan program supervisi

3. Melakukan pembinaan sebagai tindak lanjut hasil supervisi

4. Melaksanakan penilaian kinerja guru PKG)

5. Melaksanakan penilaian kinerja guru yang memperoleh tugas tambahan dan pegawai Tata usaha

6. Melaksanakan penilaian prestasi kerja (DP3) guru dan pegawai

1 naskah

100 %

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

100 %

 

 

 

100 %

1 naskah

100 %

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

100 %

 

 

 

100 %

 

1 naskah

100 %

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

100 %

 

 

 

100 %

1 naskah

100 %

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

Peningkatan    keterlibatan warga sekolah  dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis

1. Mensosialisasikan rencana kerja sekolah kepada semua warga sekolah

2. Memotivasi warga sekolah terkait dengan keterlibatannya dalam pengelolaan kegiatan akdemis dan non akademis

 

 

 

V

 

 

 

V

 

 

 

V

 

 

 

V

 

 

Peningkatan keterlibatan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan non akademis

1. Mensosialisasikan rencana kerja sekolah kepada anggota masyarakat

2. Memotivasi masyarakat terkait dengan keterlibatannya dalam pe ngelolaan kegiatan  non akademis

 

 

V

 

 

V

 

 

V

 

 

V

 

 

Melaksanakan kegiatan penerimaan peserta didik baru ( PPDB )

1. Melakukan analisis daya tampung peserta didik baru

2. Membentuk tim  PPDB

3. Melaksanakan PPDB

4. Melaporkan hasil kegiatan PPDB

 

 

V

 

 

V

 

 

V

 

 

V

5

Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan

Pemenuhan standar   alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

Mengusulkan kepada Pemda untuk penambahan sumber belajar termasuk buku/pembelian dari BOS

 

10 %

 

10 %

 

10 %

 

10 %

Pemeliharaan bangunan sekolah

1. Malaksanakan pengecatan ruang kelas dan perpustakaan

2. Melaksanakan pengecatan ruang kantor, Lab.IPA, dan bangunan lainnya

3. Perbaikan terhadap bangunan yang mengalami rusak ringan

V

 

 

0

 

 

V

0

 

 

V

 

 

V

V

 

 

0

 

 

V

0

 

 

V

 

 

V

6

Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Kerja sama dan Kemitraan

Perumusan anggaran sekolah     merujuk kepada peraturan pemerintah, pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota

Melakukan perumusan dan pengelolaan anggaran sekolah yang    merujuk kepada peraturan pemerintah, pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota

 

V

 

V

 

V

 

V

 

 

Perumusan RAPBS/RKAS dengan melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.

Merumuskan RAPBS/RKAS dengan melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan

 

1 naskah

 

1 naskah

 

1 naskah

 

1 naskah

Penyusunan keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel

Menginformasikan kepada warga sekolah tentang pengelolaan keuang sekolah

 

V

 

V

 

V

 

V

Pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku   kepentingan

Menyusun dan menyampaikan laporan

Keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan pada setiap akhir triwulan

 

1 naskah

 

1 naskah

 

1 naskah

 

1 naskah

Upaya mencari dana sekolah dengan inisiatif sendiri

Bekerjasama dengan komite sekolah untuk mengupayakan mencari dana untuk kepentingan sekolah

 

V

 

V

 

V

 

V

Memelihara hubungan dengan alumni

1. Melakukan pendataan terhadap alumni

2. Memprakarsai pembentukan ikatan alumni

3. Menjalin kerjasama denga alumni terkait peningkatan mutu sekolah

V

 

V

 

V

V

 

0

 

V

V

 

V

 

V

V

 

0

 

V

Peningkatan  pelayanan terhadap siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.

1. Melakukan pendataan dan pemetaan tingkatan sosial ekonomi siswa

2. Memberikan bantuan kepada siswa ekonomi lemah dan siswa berkebutuhan khusus

V

 

 

 

V

V

 

 

 

V

V

 

 

 

V

V

 

 

 

V

Melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu dibidang ekonomi

Mengupayakan subsidi silang kepada siswa yang kurang mampu di bidang ekonomi

 

V

 

V

 

V

 

V

 

 

Penyusunan perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik

1. Membuat tabel distribusi soal

2. Menyusun kisi-kisi soal dengan menerapkan berbagai teknik dan bentuk penilaian

3. Menulis soal baik untuk UH, UTS, maupun untuk ujian akhir semester (UAS)

V

 

V

 

 

 

V

V

 

V

 

 

 

V

V

 

V

 

 

 

V

V

 

V

 

 

 

V

 

 

Melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa

 

1. Mensosialisasikan teknik dan bentuk penilaian kepada orang tua peserta didik

2. Menuntut peran aktif orang tua peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar anak-anaknya.

V

 

 

V

V

 

 

V

V

 

 

V

V

 

 

V