RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH ( 4
TAHUN )
PERIODE 2018/2019 s.d 2021/2022
A. Visi
: “ Menjadi SMK Bertaraf Internasional, Unggul, Cerdas, Berkarakter
dengan Berlandaskan Gotong Royong dan Berwawasan Lingkungan “
B. Visi : 1. Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan
lulusan cerdas spritual, emosional,
kinestetis dan intelektual
2. Mewujudkan
pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
3. Menyelenggarakan
manajemen berbasis sekolah (MBS)
4. Mewujudkan sumber
daya manusia yang beriman, bertaqwa dan berdedikasi
tinggi sesuai dengan perkembangan
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK).
5. Mempersiapkan
tenaga kerja terampil siap pakai, berkuwalitas dan berkompetensi, mandiri dan profesional
dibidang keahliannya.
6. Memiliki
etos kerja yang tinggi, jujur dan berguna bagi masyarakat dan bangsa.
7. Menjalin kerjasama dengan DUDI, Pergurua
Tinggi, Instansi terkait untu mewujudkan
pengembangan pendidik, tenaga kependidikan, kurikulum implementasi,
prakerin, dan pemasaran tamatan
8. Mengembangkan sarana prasarana yang
memadai untk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas, ramah lingkungan,
serta mengendalikan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.
C. Analisis kondisi
sekolah 4 tahun kedepan:
1. Pemenuhan standar nasional pendidikan
minimal 100 %
2. Membekali siswa dengan pengetahuan dan
keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup diluar komunitasnya.
3. Membekali guru dengan sarana dan keterampilan
memanfaatkan TI
4. Menerapkan manajemen berstandar
internasional (ISO)
D. Identifikasi
tantangan nyata 4 tahun kedepan dengan kondisi nyata saat ini.
Analisis
tantangan nyata berdasarkan pada aspek pemenuhan standar nasional pendidikan.
No. |
Kondisi saat ini |
Kondisi yang diharapkan ( empat tahun ke depan ) |
Tantangan |
1 |
Pengembangan Kurikulum
dan Pembelajaran |
Pengembangan Kurikulum
dan Pembelajaran |
|
|
Kurikulum telah 85 % memenuhi ketentuan BSNP |
Kurikulum 100 %
memenuhi keten- tuan BSNP |
15 % |
|
Untuk memenuhi
kebutuhan pengembangan diri pribadi peserta didik baru 50 %
peserta didik mendapat
pelayanan bimbingan dan konseling |
Untuk memenuhi kebutuhan
pengembangan diri pribadi peserta didik
semua peserta didik (100 %)
mendapat pelayanan bimbingan dan konseling |
50 % |
|
Sekolah
menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan
diri pribadi peserta didik. melalui kegiatan: 1.
Seni 2.
Voly ball 3.
Basket 4.
Badminton 5.
Rohis |
Sekolah
menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan
diri pribadi peserta didik. melalui kegiatan: 1.
Sanggar seni 2.
Volly ball 3.
Basket 4.
Badminton 5.
Mapala 6.
Silat 7.
Rohis |
28,5 % |
|
70 % Silabus mata
pelajaran sudah sesuai/relevan dengan standar |
100 % Silabus mata pelajaran sesuai/relevan
dengan standar |
30 % |
|
60 % RPP telah
dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan
peserta didik |
Semua RPP telah
dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan
peserta didik |
40 % |
|
70 % sumber
belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat |
Semua sumber
belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat |
30 % |
|
50 %
pembelajaran telah dilaksana kan
dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif,
menantang dan memotivasi peserta didik |
Pembelajaran
dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik |
50 % |
|
20% Supervisi pembelajaran belum dilaksanakan bedasarkan
perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut |
Supervisi pembelajaran dilaksanakan bedasarkan perencanaan,
pelaksanaan, dan program tindak lanjut |
80 % |
|
Rata-rata KKM =
75 |
Rata-rata KKM =
85 |
10 |
|
Nilai rata-rata hasil UN 2017/2018 adalah: 1.
Bhs.
Indonesia = 55,0 2.
Matematika =
42,0 3.
Bhs.
Inggris = 43,0 4.
Produktif = 62,5 Nilai rata-rata hasil US adalah
: 1.
Pendd.
Agama Islam = 74,0 2.
PKn = 74,0 3.
IPS = 72,0 4.
Penjas
Orkes = 74,0 5.
Seni
Budaya = 74,0 6.
Keterampilan/TIK =
71,0 7.
Muatan
Lokal = |
Nilai Rata-rata hasil UN 2020/2021 adalah: 1.
Bhs.
Indonesia = 7,00 2.
Matematika = 65,0 3.
Bhs.
Inggris = 65,0 4.
Produktif = 75,0 Nilai rata-rata
hasil US adalah : 1. Pendd. Agama
Islam = 80,0 2. PKn = 80,0 3. IPS = 80,0 4. Penjas
Orkes = 80,0 5. Seni Budaya = 80,0 6. Keterampilan/TIK = 78,0 7. Muatan Lokal = |
2,00 |
|
Sekolah baru memiliki 1 Prestasi non akademik di tingkat
Provinsi : 1.
Lomba
mata pelajaran 2.
O2SN 3.
FL2SN 4.
Debat
Bahasa |
Prestasi non akademik sekolah (3 jenis lomba kejuaraan tingkat
Provinsi ) : 1. Lomba mata pelajaran 2. O2SN 3. FL2SN 4. Debat Bahasa |
2 kejuara-an |
2. |
Peningkatan
Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan : |
Peningkatan
Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan : |
|
|
Jumlah tenaga pendidik : 1. Pend. Agama
Islam = 4 orang Non PNS 2. PKn =
1 orang 3. Bhs.
Indonesia = 1
orang 4. Matematika =
6 orang 5. IPA = 2
orang 6. IPS = 1
orang 7. Bhs.
Inggris = 7
orang 8. Penjas
Orkes = 2
orang 9. Seni Budaya =
2 orang 10. Keterampilan
/TIK = 4 orang 11. Muatan
Lokal = 0
orang |
Jumlah tenaga pendidik : 1. Pend. Agama
Islam = 4 orang PNS 2. PKn =
3 orang 3. Bhs. Indonesia
= 3
orang 4. Matematika =
6 orang 5. IPA = 2
orang 6. IPS =
1 orang 7. Bhs.
Inggris = 7
orang 8. Penjas
Orkes = 3
orang 9. Seni Budaya =
2 orang 10. Keterampilan
/TIK = 9 org 11. Muatan
Lokal = 2 orang
|
4 Org
2 org 2 org
1 org
5 org 2 org |
|
Pendidik 100 %
telah memenuhi standar nasional pendidikan (S1) |
Pendidik dan tenaga kependidikan 100% sudah
memenuhi standar nasional pendidikan |
0 % |
|
Jumlah tenaga kependidika : 1. Pegawai tata
usaha = 1 orang PNS 2. Petugas
pustaka =
2 orang 3. Laboran = 0 orang 4. Penjaga
sekolah = 2
orang 5. petugas
kebersihan = 3 orang 6. Penjaga
keamanan = 2 orang |
Jumlah tenaga kependidika : 1. Pegawai tata
usaha =5 orang 2. Petugas pustaka =
4 orang 3. Laboran =
5 orang 4. Penjaga
sekolah = 3
orang 5. Petugas
kebersihan = 5 orang 6. Penjaga
keamanan = 2 orang |
4 org
2 org 5 org 1 org 2 org 0
|
|
Kompetensi
pendidik 70 % memenuhi standar |
Kompetensi
pendidik 100 % memenuhi standar |
30 % |
|
Kompetensi tenaga
kependidikan 30 % memenuhi standar |
Kompetensi tenaga
kependidikan 100 % memenuhi standar |
70 % |
3. |
Penguatan
Pendidikan Karakter dan Kesiswaan: |
Penguatan
Pendidikan Karakter dan Kesiswaan: |
|
A |
Guru telah menyusun perencanaan penilaian terhadap
pencapaian kompetensi peserta didik. |
Guru telah
menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta
didik |
|
B |
90 % Guru memberikan
informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM) |
100 % Guru telah memberikan informasi kepada peserta didik
mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) |
10 % |
C |
80 % Guru
telah menerapkan berbagai teknik,
bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan peserta
didik |
100 % Guru
telah menerapkan berbagai teknik,
bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan peserta
didik |
20 % |
D |
100 % Guru
memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada
peserta didik |
100 % Guru
memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada
peserta didik |
|
E |
80 % Guru menggunakan
hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran |
100 % Guru
menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran |
20 % |
F |
Sekolah telah
melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok
mata pelajaran pada setiap akhir
semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan |
Sekolah telah melaporkan hasil penilaian mata
pelajaran untuk semua kelompok mata
pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta
didik dalam bentuk buku laporan
pendidikan |
|
G |
Sekolah
telah melibatkan orangtua peserta
didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
|
Sekolah telah
melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar
siswa
|
|
4. |
Penguatan
Tata Kelola dan Manajemen Sekolah : |
Penguatan
Tata Kelola dan Manajemen Sekolah : |
|
a |
Sekolah belum merumuskan visi dan misi serta
disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan |
Sekolah telah merumuskan visi dan misi serta
disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan |
Dirumus kan ber- sama |
b. |
Pengelolaan
sekolah telah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan,
partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. |
Pengelolaan sekolah telah menunjukkan adanya kemandirian,
kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. |
pemenuhan |
c. |
Sekolah telah merumuskan
rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta
disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan |
Sekolah telah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang
jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga
sekolah dan pihak yang berkepentingan |
Penegas-an |
d. |
Sekolah telah merumuskan
rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta
disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan. |
Sekolah telah merumuskan rencana kerja dengan tujuan
yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada
warga sekolah dan pihak yang berkepentingan. |
|
e. |
Sekolah telah mensosialisasikan rencana kerja yang
berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga
sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan |
Sekolah telah mensosialisasikan rencana kerja yang
berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga
sekolah dan pihak-pihakyang berkepentingan |
|
f. |
Rencana Kerja
tahunan telah dinyatakan dalam rencana kegiatan dan
anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah. |
Rencana Kerja
tahunan telah
dinyatakan dalam rencana
kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka
menengah |
|
g. |
Sekolah belum melakukan evaluasi diri terhadap kinerja
sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan
hasil belajar. |
Sekolah telah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja
sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan
hasil belajar. |
|
h. |
Sekolah telah menetapkan prioritas indikator untuk
mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi
diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar |
Sekolah telah menetapkan
prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan
berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil
belajar |
|
i. |
Sekolah telah mengelola sistem informasi pengelolaan
dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan |
Sekolah telah mengelola sistem
informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat
dipertanggungjawabkan |
|
j. |
Sekolah telah menyediakan sistem informasi yang efisien,
efektif, dan dapat diakses. |
Sekolah telah menyediakan
sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses. |
|
k. |
Sekolah telah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik
dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga
kependidikan. |
Sekolah telah meningkatkan
keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi
pendidik dan tenaga kependidikan |
|
l. |
Supervisi dan
evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan telah sesuai dengan standar nasional |
Supervisi dan
evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan telah sesuai dengan standar
nasional |
|
m. |
Warga sekolah telah terlibat dalam pengelolaan kegiatan
akademis dan non akademis |
Warga sekolah telah terlibat dalam pengelolaan kegiatan
akademis dan non akademis |
|
n. |
Sekolah belum melibatkan anggota masyarakat khususnya
pengelolaan kegiatan non akademis. |
Sekolah telah melibatkan anggota masyarakat khususnya
pengelolaan kegiatan non akademis |
100 % |
.
o. |
Pengelolaan penerimaan peserta didik baru
(PPDB) telah terlaksana sesuai dengan aturan |
Penerimaan peserta didik baru (PPDB)
telah terlaksana sesuai dengan aturan |
0 |
p. |
Pengelolaan kegiatan lainnya: 1. Peringatan hari besar Islam (PHBI) 2. Peringatan hari besar nasio nal
(PHBN) |
Peringatan hari besar Islam (PHBI)
dan peringatan hari besar nasional (PHBN) terlaksana sesuai dengan jadwalnya |
0 |
|
|
|
|
5. |
Pemenuhan
Sarana dan Prasarana Pendidikan : |
Pemenuhan
Sarana dan Prasarana Pendidikan : |
|
|
Jumlah ruang belajar belum sesuai dengan jumlah rombongan
belajar |
Jumlah ruang belajar 36 ruang 41 rombongan belajar |
5 ruang |
|
70 % sarana ruang belajar (mobiler) telah memenuhi
standar |
100 % sarana ruang belajar (mobiler) memenuhi standar |
30 % |
|
60 % sarana ruang perpustakaan dan laboratorium
IPA telah memenuhi standar |
100 % sarana ruang perpustakaan dan laboratorium
IPA telah memenuhi standar |
40 % |
|
Sekolah telah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam
kelompok belajar |
Sekolah telah memenuhi
standar terkait dengan jumlah peserta
didik dalam kelompok belajar |
100 % |
|
Sekolah belum memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber
belajar termasuk buku pelajaran |
Sekolah telah memenuhi
standar terkait dengan penyediaan alat
dan sumber belajar termasuk buku pelajaran |
Pemenuhan |
|
Pemeliharaan
bangunan Sekolah belum dilaksanakan
paling tidak setiap 5 tahun sekali |
Pemeliharaan
bangunan Sekolah telah dilaksanakan
paling tidak setiap 5 tahun sekali |
|
|
Bangunan belum mudah diakses, aman,
dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk penyandang cacat |
Bangunan telah mudah diakses,
aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk penyandang cacat |
1 |
6. |
Peningkatan
Sumber Daya Manusia Melalui Kerja Sama dan Kemitraan : |
Peningkatan
Sumber Daya Manusia Melalui Kerja Sama dan Kemitraan : |
|
a. |
Anggaran sekolah
dirumuskan belum
sepenuhnya merujuk kepada peraturan pemerintah,
pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota |
Anggaran sekolah
dirumuskan telah merujuk kepada
peraturan pemerintah, pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota |
|
b. |
Perumusan RAPBS/RKAS telah melibatkan Komite Sekolah dan pemangku
kepentingan yang relevan. |
Perumusan
RAPBS/RKAS
telah melibatkan Komite Sekolah dan
pemangku kepentingan yang relevan. |
|
d. |
Penyusunan
keuangan sekolah
telah dilakukan secara transparan, efisien, dan
akuntabel |
Penyusunan
keuangan sekolah
telah dilakukan secara transparan,
efisien, dan akuntabel |
|
e. |
Sekolah telah membuat pelaporan keuangan kepada
pemerintah dan pemangku kepentingan |
Sekolah telah membuat pelaporan keuangan kepada
pemerintah dan pemangku kepentingan |
|
|
Sekolah belum memiliki kapasitas untuk mencari dana
dengan inisiatif sendiri |
Sekolah telah memiliki kapasitas untuk mencari dana
dengan inisiatif sendiri |
|
f. |
Sekolah telah membangun jaringan kerja dengan Dunia
Usaha dan Dunia Industri setempat |
Sekolah telah membangun
jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat |
|
g. |
Sekolah telah memelihara hubungan dengan alumni |
Sekolah telah memelihara hubungan dengan alumni |
|
h. |
Sekolah telah melayani siswa dari berbagai tingkatan
sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. |
Sekolah telah melayani siswa
dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus |
|
i. |
Sekolah telah melakukan subsidi silang kepada siswa
kurang mampu dibidang ekonomi |
Sekolah telah melakukan subsidi silang kepada siswa
kurang mampu dibidang ekonomi |
|
E. Tujuan Sekolah
dalam 4 tahun
1. Memenuhi 100% standar nasional
pendidikan
2. Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan standar kompetensil
lulusan (SKL)
3. Menghasilkan tamatan/lulusan
yang mampu melanjutkan ke jenjang
pendidikan yang lebih tinggi
4. Menghasilkan pengelolalaan pendidikan dengan manajemen berbasis sekolah
5. Menghasilkan tamatan/lulusan yang mampu membuka lapangan kerja atau bekerja pada Dunia Usaha/Dunia
Industri ( DUDI ) sesuai kompetensi keahliannya masing-masing.
6. Mempunyai jiwa kewirausahaan dan mandiri.
Tujuan : Memenuhi Standar Nasional Pendidikan/Program Sekolah
No |
KOMPONEN |
KEGIATAN |
URAIAN KEGIATAN |
TARGET TAHUN TP 2018 S/D 2022 |
|||
2018 / 2019 |
2019 / 2020 |
2020 / 2021 |
2021 / 2022 |
||||
1.
|
Pengembangan Kurikulum
dan Pembelajaran |
Penyempurnaan dokumen kurikulum |
1. Penetapan
beban belajar untuk setiap mata palajaran 2. Menyusun
kurikulum muatan lokal 3. Pengembangan program pendidikan
kecakapan hidup 4. Pengembangan kurikulum berwawasan
lokal dan global |
1 naskah
1 naskah
1 naskah
1 naskah
|
1 naskah
1 naskah
1 naskah
1 naskah
|
1 naskah
1 naskah
1 naskah
1 naskah |
1 naskah
1 naskah
1 naskah
1 naskah
|
Peningkatan pelayanan bimbingan dan konseling
terhadap peserta didik |
1. Menyusun program pelayanan BK 2. Melaksanakan program pelayanan BK 3. Melaksanakan evaluasi dan tindak
lanjut pelaksanaan BK |
1 naskah
V
1 naskah |
1 naskah
V
1 naskah |
1 naskah
V
1 naskah |
1 naskah
V
1 naskah |
||
Melaksanakan kegiatan ekstra
kurikuler untuk pengembangan diri siswa |
Menyusun dan
melaksanakan program kegiatan ekstra kurikuler yang meliputi Kegiatan : 1. Olah raga 2. Seni 3. Pramuka 4. Rohis 5. LDDK |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
||
|
|
Penyempurnaan silabus dan RPP |
1. Melaksanakan lokakarya/IHT 2. Melaksanakan MGMP sekolah 3. Melaksanakan kegiatan pembimbingan
/pendampingan |
1 naskah setiap mata pe lajaran |
1 naskah setiap mata pe lajaran |
1 naskah setiap mata pe lajaran |
1 naskah setiap mata pe lajaran |
Melengkapi sumber belajar |
1. Menginventarisir ketersediaan sumber
belajar 2. Menyusun rencana penambahan sumber
belajar 3. Pengadaan tambahan sumber belajar |
V |
V |
V |
V |
||
Pelaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang interaktif,
inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik |
1. Melaksanakan lokakarya/ IHT 2. Melaksanakan MGMP sekolah 3. Melaksanakan kegiatan pembimbingan/pendampingan 4. Melaksanakan supervisi kelas 5. Melaksanakan tindak lanjut supervisi
kelas |
Semua guru mata
pelajaran |
Semua guru mata
pelajaran |
Semua guru mata
pelajaran |
Semua guru mata
pelajaran |
||
Pelaksanaan
supervisi pembelajaran yang dilaksanakan bedasarkan perencanaan,
pelaksanaan, dan tindak lanjut |
1. Menyusun program supervisi kelas 2. Melaksanakan program supervisi kelas 3. Melaksanakan pembinaan sebagai tindak
lanjut supervisi kelas |
1 naskah
Semua guru |
1 naskah
Semua guru |
1 naskah
Semua guru
|
1 naskah
Semua guru |
||
|
|
Peningkatan
rata-rata KKM |
1. Melakukan analisis penetapan KKM
|
1 naskah/ mapel |
1 naskah/ mapel |
1 naskah/ mapel |
1 naskah/ mapel |
Peningkatan
rata-rata nilai UN |
1. Melakukan analisis SK/KD yang belum
dikuasai siswa di kelas X, XI dan kelas XII 2. Maksanakan sosialisasi UN kepada
orang tua/wali siswa 3. Melengkapi buku pelengkap/reperensi 4. Melaksanakan kegiatan TO 5.
Meningkatkan nilai
rata-rata UN: a. Bhs. Indonesia b. Matematika c. Bahasa Inggeris c.
Produktif |
1 naskah/ mapel 1 kali
V
5 kali
55,0 55,0 55,0 70,0 |
1 naskah/ mapel 1 kali
V
5 kali
60,0 60,0 60,0 75,00 |
1 naskah/ mapel 1 kali
V
5 kali
65,0 65,0 65,0 75,50 |
1 naskah/ mapel 1 kali
V
5 kali
70,00 70,00 70,00 80,00 |
||
|
|
Peningkatan
rata-rata nilai US |
1. Melakukan analisis SK/KD yang belum
dikuasai siswa di kelas VII dan kelas VIII 2. Melengkapi buku pelengkap 3. Meningkatkan nilai rata-rata US : a. Pendd. Agama
Islam b. PKn c. IPS d. Penjas Orkes e. Seni Budaya f. Matematika g. Bahasa Inggeris h. Bahasa Indonesia i. Kewirausahaan j. KKPI k. IPA l. Fisika m. Kimia |
1 naskah/ mapel V
74 74 72 74 74 76 73 77 73 71 73 73 70
|
1 naskah/ mapel V
80 80 75 80 80 78 75 80 75 75 75 75 75
|
1 naskah/ mapel V
85 85 80 85 85 80 80 80 80 80 77 77 77 |
1 naskah/ mapel V
87 87 85 90 90 82 82 85 85 85 85 80 80 |
Peningkatan prestasi
non akademik yang meliputi: 1. Lomba
Keterampilan Siswa ( LKS ) 2. O2SN 3. PL2SN 4. Debat Bahasa
|
1. Penunjukkan guru
pembimbing 2. Melengkapi sarana
kegiatan 3. Mengikutsertakan
siswa dalam kegiatan lomba di tingkat kabupaten/ Provinsi/ Nasional |
1 terbaik |
2 terbaik |
2terbaik |
2 terbaik |
||
2
|
Peningkatan Kompetensi
Guru dan Tenaga Kependidikan |
Penambahan tenaga
pendidik sesuai dengan kebutuhan setiap mata pelajaran |
1. Mengusulkan kepada Pemda untuk
penambahan guru mata pelajaran yang masih kurang 2. Mengusulkan kepada Pemda untuk
memutasikan guru mata pelajaran yang berlebih |
V |
V |
V |
V |
Penambahan tenaga
kependidi kan sesuai dengan kebutuhan |
Mengusulkan kepada Pemda untuk
penambahan tenaga kependidikan (Pegawai TU, Pustakawan, Laboran) |
V |
V |
V |
V |
||
Peningkatan
kuwalifikasi ijazah tenaga pendidik |
Memotivasi guru untuk
kuliah agar memperoleh ijazah sesuai standar |
V |
V |
V |
V |
||
Peningkatan
kompetensi tenaga pendidik |
1. Melaksanakan lokakarya/IHT/pelatihan 2. Melaksanakan MGMP sekolah 3. Menugaskan guru untuk mengikuti MGMP
Kabupaten, diklat 4. Melaksanakan kegiatan pembimbingan/
pendampingan 5. Melaksanakan supervisi kelas 6. Melaksanakan tindak lanjut supervisi
kelas 7. Memotivasi guru untuk berupaya secara
mandiri meningkatkan kompetensinya |
V
V
V
V
V
V
V |
V
V
V
V
V
V
V |
V
V
V
V
V
V
V |
V
V
V
V
V
V
V |
||
|
|
Peningkatan
kompetensi tenaga kependidikan |
1. Memberikan bimbingan/pelatihan kepada
tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya 2. Memotivasi tenaga kependidikan untuk
berupaya secara mandiri meningkatkan kompetensinya |
V
V |
V
V |
V
V |
V
V |
|
|
Pemenuhan standar
sarana (mobiler) ruang belajar |
Mengusulkan kepada
Pemda untuk penambahan/penggantian mobiler ruang belajar |
20 % |
20 % |
20 % |
20 % |
|
|
Pemenuhan standar
sarana perpustakaan dan Lab. IPA |
Mengusulkan kepada
Pemda untuk penambahan / penggantian sarana perpustakaan dan Labor IPA |
20 % |
20 % |
20 % |
20 % |
3 |
Penguatan
Pendidikan Karakter dan Kesiswaan: |
Penyusunan
perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik |
1. Membuat tabel distribusi soal 2. Menyusun kisi-kisi soal dengan
menerapkan berbagai teknik dan bentuk penilaian 3. Menulis soal baik untuk UH, UTS,
maupun untuk ujian akhir semester (UAS) |
V V
V |
V V
V |
V V
V |
V V
V |
|
|
Pemberian
informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM) |
Memberikan penjelasan
kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian dan KKM mata pelajaran |
V |
V |
V |
V |
|
|
Penerapan
berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan
kesulitan peserta didik |
1. Melaksanakan penilaian hasil bela jar
yang meliputi UH, UTS, UAS, dan ujian kenaikan kelas (UKK) 2. Mengoreksi dan mengolah hasil
penilaian 3. Melakukan analisis hasil penilaian
ulangan harian (UH) 4. menyusun dan melaksanakan pem
belajaran perbaikan (remedial teaching) dan pemb. pengayaan 5. Melaporkan hasil penilaian hasil
belajar kepada orang tua/wali siswa
pada pertengahan semester dan akhir semester. |
V
V
V
V
V |
V
V
V
V
V |
V
V
V
V
V |
V
V
V
V
V |
|
|
Pemberian masukan
dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik |
Guru memberikan
komentar dan masukan tentang penilaian hasil belajar kepada peserta didik |
V |
V |
V |
V |
|
|
Menggunakan hasil
penilaian untuk perbaikan pembelajaran |
Guru menggunakan hasil
penilaian untuk perbaikan pembelajatan |
V |
V |
V |
V |
|
|
Melibatkan
orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
|
1. Mensosialisasikan teknik dan bentuk
penilaian kepada orang tua peserta didik 2. Menuntut peran aktif orang tua
peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar anak-anaknya. |
V
V |
V
V |
V
V |
V
V |
4.
|
Penguatan Tata Kelola
dan Manajemen Sekolah |
Peningkatan
pemahaman warga sekolah terhadap visi dan misi sekolah |
Melakukan sosialisasi
visi dan misi sekolah kepada warga sekolah termasuk orang tua/wali
siswa/komite/alumni |
V |
V |
V |
V |
|
|
Peningkatan kemandirian, ke mitraan, partisipasi,
keterbukaan, dan akuntabilitas dalam pengelolaan sekolah. |
1. Melakukan sosialisasi tentang MBS
kepada warga sekolah termasuk orang tua/wali siswa/komite/ alumni dan stoke
holder |
V |
V |
V |
V |
|
|
.Perumusan
rencana kerja jangka menengah (RKJM) dengan tujuan yang jelas. |
1. Merumuskan RKJM dengan melibat kan berbagai
komponen yang terkait 2. Merumuskan RKJM dengan tujuan yang
jelas untuk peningkatan dan perbaikan mutu sekolah 3. Mensosialisasikan rencana kerja
sekolah kepada pihak yang terkait |
1 naskah |
0 |
0 |
0 |
|
|
Penyusunan
rencana kerja tahunan (RKT) sekolah |
1. Penunjukan tim penyusun RKT sekolah 2. Menyusun RKT sekolah 3. Mensosialisasikan RKT sekolah kepada
pihak terkait |
1 tim
1 naskah 1 kali |
1 tim
1 naskah 1 kali |
1 tim
1 naskah 1 kali |
1 tim
1 naskah 1 kali |
|
|
Melakukan evaluasi diri terhadap kinerja
sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan
hasil belajar. |
1. Melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah
(EDS) secara berkelanjutan 2. Melakukan analisis hasil EDS 3. menetapkan skala prioritas penyu
sunan program sekolah sebagai tindak lanjut hasil EDS 4. Penyusunan program kerja sekolah |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
|
|
Pengelolaan
system informasi |
1. Pengadaan alat IT 2. Memberikan pelatihan pada operator IT
dan warga sekolah 3. Mengelola informasi dengan berbasis
IT |
V V
|
V |
V V |
V |
|
|
Peningkatan
keefektifan kinerja pendidik dan
pengembangan profesi pendidik |
1. Melakukan evaluasi diri guru (EDG) 2. Melakukan analisis dan pemetaan hasil
EDG 3. Menyusun program pengembangan
keprofesian berkelanjutan (PKB) 4. Melaksanakan PKB melalui kgiatan
mandiri guru, MGMP, pembim bingan, diklat
|
Semua guru (100%)
1 naskah
Semua guru |
Semua guru (100%)
1 naskah
Semua guru |
Semua guru (100%)
1 naskah
Semua guru |
Semua guru (100%)
1 naskah
Semua guru |
|
|
Peningkatan
supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan |
1. Menyusun program supervisi 2. Melaksanakan program supervisi 3. Melakukan pembinaan sebagai tindak
lanjut hasil supervisi 4. Melaksanakan penilaian kinerja guru
PKG) 5. Melaksanakan penilaian kinerja guru
yang memperoleh tugas tambahan dan pegawai Tata usaha 6. Melaksanakan penilaian prestasi kerja
(DP3) guru dan pegawai |
1 naskah 100 %
100 %
100 %
100 %
100 % |
1 naskah 100 %
100 %
100 %
100 %
100 %
|
1 naskah 100 %
100 %
100 %
100 %
100 % |
1 naskah 100 %
100 %
100 %
100 %
100 % |
|
|
Peningkatan keterlibatan warga sekolah dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non
akademis |
1. Mensosialisasikan rencana kerja
sekolah kepada semua warga sekolah 2. Memotivasi warga sekolah terkait
dengan keterlibatannya dalam pengelolaan kegiatan akdemis dan non akademis |
V |
V |
V |
V |
|
|
Peningkatan
keterlibatan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan non akademis |
1. Mensosialisasikan rencana kerja
sekolah kepada anggota masyarakat 2. Memotivasi masyarakat terkait dengan
keterlibatannya dalam pe ngelolaan kegiatan
non akademis |
V |
V |
V |
V |
|
|
Melaksanakan
kegiatan penerimaan peserta didik baru ( PPDB ) |
1. Melakukan analisis daya tampung
peserta didik baru 2. Membentuk tim PPDB 3. Melaksanakan PPDB 4. Melaporkan hasil kegiatan PPDB |
V |
V |
V |
V |
5 |
Pemenuhan Sarana
Prasarana Pendidikan |
Pemenuhan
standar alat dan sumber belajar
termasuk buku pelajaran |
Mengusulkan kepada
Pemda untuk penambahan sumber belajar termasuk buku/pembelian dari BOS |
10 % |
10 % |
10 % |
10 % |
Pemeliharaan
bangunan sekolah |
1. Malaksanakan pengecatan ruang kelas
dan perpustakaan 2. Melaksanakan pengecatan ruang kantor,
Lab.IPA, dan bangunan lainnya 3. Perbaikan terhadap bangunan yang
mengalami rusak ringan |
V
0
V |
0
V
V |
V
0
V |
0
V
V |
||
6 |
Peningkatan Sumber Daya
Manusia Melalui Kerja sama dan Kemitraan |
Perumusan
anggaran sekolah merujuk kepada peraturan pemerintah,
pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota |
Melakukan perumusan dan pengelolaan anggaran sekolah yang merujuk kepada peraturan pemerintah,
pemerintahan propinsi, dan pemerintahan kabupaten/ kota |
V |
V |
V |
V |
|
|
Perumusan
RAPBS/RKAS
dengan melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan. |
Merumuskan RAPBS/RKAS
dengan melibatkan Komite Sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
Penyusunan
keuangan sekolah dilakukan secara
transparan, efisien, dan akuntabel |
Menginformasikan kepada
warga sekolah tentang pengelolaan keuang sekolah |
V |
V |
V |
V |
||
Pelaporan
keuangan kepada pemerintah dan pemangku
kepentingan |
Menyusun dan
menyampaikan laporan Keuangan sekolah kepada
pemerintah dan pemangku kepentingan pada setiap akhir triwulan |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
1 naskah |
||
Upaya mencari
dana sekolah dengan inisiatif sendiri |
Bekerjasama dengan
komite sekolah untuk mengupayakan mencari dana untuk kepentingan sekolah |
V |
V |
V |
V |
||
Memelihara
hubungan dengan alumni |
1. Melakukan pendataan terhadap alumni 2. Memprakarsai pembentukan ikatan
alumni 3. Menjalin kerjasama denga alumni
terkait peningkatan mutu sekolah |
V
V
V |
V
0
V |
V
V
V |
V
0
V |
||
Peningkatan pelayanan terhadap siswa dari berbagai
tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. |
1. Melakukan pendataan dan pemetaan
tingkatan sosial ekonomi siswa 2. Memberikan bantuan kepada siswa
ekonomi lemah dan siswa berkebutuhan khusus |
V
V |
V
V |
V
V |
V
V |
||
Melakukan
subsidi silang kepada siswa kurang mampu dibidang ekonomi |
Mengupayakan subsidi
silang kepada siswa yang kurang mampu di bidang ekonomi |
V |
V |
V |
V |
||
|
|
Penyusunan
perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik |
1. Membuat tabel
distribusi soal 2. Menyusun kisi-kisi
soal dengan menerapkan berbagai teknik dan bentuk penilaian 3. Menulis soal baik
untuk UH, UTS, maupun untuk ujian akhir semester (UAS) |
V
V
V |
V
V
V |
V
V
V |
V
V
V |
|
|
Melibatkan
orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
|
1. Mensosialisasikan
teknik dan bentuk penilaian kepada orang tua peserta didik 2. Menuntut peran aktif
orang tua peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar anak-anaknya. |
V
V |
V
V |
V
V |
V
V |